Zaru Soba, Soba Dingin Menu Santap Siang di Musim Panas
Zaru Soba, Soba Dingin Menu Santap Siang di Musim Panas

Di musim panas yang menyengat panasnya, tentu paling enak makan atau minum yang dingin-dingin dan menyegarkan tenggorokan. Jika biasanya sesuatu yang dingin-dingin itu dikaitkan dengan es, maka di Jepang tidak demikian.

Pasalnya, di Jepang, ada satu menu yang bukan jenis minuman, tapi disajikan dalam keadaan dingin. Yak! Dia adalah Zaru Soba, si soba dingin yang jadi menu khas makan siang saat musim panas datang.

(Emang cuma es yang bisa dingin?)

Zaru soba adalah soba yang disajikan dalam keadaan dingin. Oke, pembaca inijepang.com mungkin sudah familiar dengan istilah soba. Soba diĀ Jepang merujuk pada tepung yang biasa digunakan untuk membuat mi, sehingga mi nya pun dinamakan soba.

Nah, biasanya, soba disajikan dengan panas-panas dengan kuah yang menyegarkan. Akan tetapi, untuk zaru soba ini berbeda dengan soba pada umumnya, karena ia disajikan dingin-dingin. Umumnya, zaru soba disajikan di musim panas.

Soba dengan kuah dingin ini disajikan dalam sebuah zaru, yaitu keranjang bambu di Jepang. Kemudian di atasnya diberi topping berupa daun bawang dan wasabi, kadang-kadang juga daikon/lobak yang diparut) dan saus istimewa yang diberi nama mentsuyu.

Cuaca bisa sangat panas di Jepang ketika musim panas tiba, kelembaban juga tinggi, sehingga melahap zaru soba saat makan siang akan sangat menyegarkan. Zaru soba ini bisa juga lho disajikan bersama tempura sayur dan tempura udang. Mmm, kebayang lezatnya kaan?

Cara membuat zaru soba ini mudah sekali. Kamu bisa membeli soba instan yang dijual di supermarket. Kemudian rebus soba selama kurang lebih 4 menit, usahakan agar soba saling terpisah, tidak menempel. Jika sudah matang, tiriskan soba dan siram dengan air dingin.

Soba dingin ini bisa langsung disajikan dengan diberi daun bawang di atasnya, tak lupa wasabi di sampingnya. Dan yang wajib ada adalah mentsuyu! Saus istimewa teman istimewa si zaru soba! Untuk saus istimewa mentsuyu, kamu bisa menemukannya dengan mudah di toko-toko sayur terdekat.

Cara makan zaru soba ini mudah kok. Pertama, ambil zaru soba (jangan banyak-banyak, seukuran mulut kamu bisa melahapnya aja), terus celupkan ke mentsuyu, terus dimakan deh. Nah kan, zaru soba kayak mi celup ya.

Nah, di Jepang, daerah yang terkenal dengan soba nya ada di Nagano, so pastikan kamu mampir Nagano ya kalau ke Jepang.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>