Semangkuk Es Beruang Putih ‘Shirokuma’

Baru-baru ini muncul sebuah kafe yang menjajakan es serut Jepang dengan bentuk yang sensasional. Saat mengunjungi area Pantai Indah Kapuk, kita dapat menjumpai Shirokuma, kafe yang menjadikan es serut Jepang sebagai menu andalannya. Sebenarnya apa sih yang membuat shirokuma beda dengan es serut jenis lainnya?

Di Jepang, es serut biasa disebut dengan kakigori. Pada saat musim panas, di bibir pantai banyak sekali orang Jepang yang menikmati parutan es yang dituangi sirup dan topping anko serta buah-buahan. Sementara itu, Shirshirokuma kakigoriokuma merupakan salah satu varian dari kakigori.

Di Kagoshima, Shirokuma sangat populer lho. Dulunya, terdapat seorang pemilik toko yang mencoba membuat varian kakigori. Ia mencampurkan es dan susu hingga terciptalah kakigori yang berwarna putih susu.

Putih susu akan mengingatkan kita pada shirokuma atau beruang putih. Gambar beruang putih tersebut muncul dalam kemasan susu yang pemilik toko itu pakai untuk membuat kakigori. Lahirlah nama Shirokuma dari si pemilik toko.

Kita dapat menemukan Shirokuma di kafe, restoran, dan supermarket. Kini, selain susu dan es, terdapat campuran anko atau pasta kacang merah, mochi dan buah-buahan. Dan tak sedikit pula yang mencampurkannya dengan soft ice cream dengan rasa teh hijau.

Jika ingin mencicipi original taste dari Shirokuma, kita wajib ke Kagoshima. Sejak zaman edo, makanan penutup ini telah populer dan menjadi hidangan favorit di prefektur ini. Cuaca panas dan dahaga yang menyengat, akan terobati dengan semangkuk Shirokuma.

Perpaduan makanan penutup yang dingin dari es, manis dari anko dan mochi, sekaligus segar dari buah-buahan akan meleleh di mulut. Tak perlu terburu-buru untuk mengunyahnya, rasakan terlebih dahulu perpaduan rasanya. Biarkan Shirokuma meleleh pelan-pelan di mulut, karena nantinya kita tak akan bisa berhenti.

Semangkuk es serut berwarna putih bertabur mochi dan buah-buahan akan membuat musim panasmu lebih berwarna. Setelah seharian main air di pantai, segera istirahatkan diri dengan memesan semangkuk Shirokuma. Biasanya, di pinggir pantai banyak kedai  yang menjual Shirokuma ataupun kakigori jenis lainnya. Yummy!

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>