Momiji Manju, Kue Berbentuk Daun

momiji manjuPanganan manis berwarna coklat dengan bentuk daun yang unik? Hemm, hanya di Prefektur Hiroshima kita dapat menemukannya. Momiji Manju, panganan khas Hiroshima yang memiliki bentuk menyerupai daun momiji ini memang menjadi oleh-oleh khas yang selalu diburu oleh para turis. Rasanya sayang, sudah jauh-jauh ke Hiroshima, tapi tak menyempatkan diri untuk mencicipi kue yang satu ini.

Bentuknya yang unik memang menjadi salah satu daya tarik bagi para turis. Sangat unik dan berani tampil beda. Konon, kue tradisional ini sudah mulai dijajakan di Hiroshima sejak 100 tahun yang lalu. Sudah cukup lama memang, kehadiran Momiji Manju di Hiroshima. Sehingga, tak perlu heran jika Momiji Manju disebut-sebut sebagai panganan khas Hiroshima.

Momiji Manju yang berkualitas biasanya memiliki tektstur yang lembut dan lumer dimulut. Rahasianya, adonan ini dibuat dengan takaran yang pas dan menggunakan tepung dengan kualitas bagus. Sehingga, saat kita memotong Momiji Manju, kue ini akan terpotong dengan sempurna, tanpa remah-remah.

Awalnya, manju banyak dijual di Tiongkok dengan nama mantou. Lalu, mulailah panganan ini masuk ke Jepang dengan nama baru yaitu manju. Oleh masyarakat Hiroshima, manju ini dicetak menyerupai bentuk daun momiji yang sudah kering. Lahirlah, momiji manju yang digemari masyarakat.

Biasanya, Momiji Manju berisi anko atau kacang Jepang yang manis dan lembut. Meski tektur luar Momiji Manju terlihat keras, tapi adanya isian anko dan gula di dalamnya membuat kue ini bertekstur lembut saat dikunyah. Selain anko, kini juga mulai banyak dijajakan Momiji Manju dengan isisan keju, cokelat dan selai buah. Makin mudah untuk memenuhi selera konsumen yang beragam. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pun dapat menikmati sekotak Momiji Manju.

manju

Di Hiroshima, kita dapat menemukan Momiji Manju di toko-toko kue, kedai minum, hotel dan supermarket. Paling asyik, menikmati Momoji Manju dengan segelas teh hangat di pagi atau sore hari. Wah, inilah saat yang tepat untuk bersantai di Hiroshima ditemani Momiji Manju.

Harga Momiji Manju juga beragam. Mulai dari 500 hingga 1,000 Yen, kita sudah dapat membawa pulang sekotak Momiji Manju dengan isi lima potong.  Jika berencana membawa pulang Momiji Manju sebagai oleh-oleh, kue ini dapat bertahan selama 10 hari. Karena alasan inilah, banyak turis yang membeli Momiji Manju sebagai oleh-oleh karena tahan lama. Selamat mencoba, dan cicipi sendiri kelembutannya!

Sumber: kompas.com

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>