6 Makanan Super Aneh yang Ada di Jepang

Jepang tak hanya terkenal karena keindahan alam atau perkotaannya yang canggih, karena ada satu lagi fakta menarik  yang bakal bikin siapa saja terkesima, yakni makanan super aneh! Kita akan geleng-geleng kepala, benarkah makanan ini dikonsumsi di Jepang?

Faktanya, keenam makanan ini cukup digemari lho di Jepang. Entah karena khasiat, rasa yang lezat ataupun karena sensasinya, yang pasti sajian ini wajib kamu coba jika ingin melihat Jepang dari sisi yang lain.

Dirangkum dari mentalfloss.com yang ditulis oleh David K. Israel, inilah keenam sajian aneh yang dapat kamu cicipi saat ke Jepang. Siapakan mental ya sebelum membaca ^^

  1. Zazamushi

zazamushi

Pernah membanyangkan menyantap serangga yang biasa hidup di sungai? Kamu harus coba Zazamushi yang biasa hidup di dasar sungai. Zazamushi merujuk pada mushi (serangga) dan kata ‘zaza’ sendiri sangat mirip dengan suara arus sungai. Ayo segera habiskan semangkuk zazamushi-mu, enak kan?

  1. Fugu

fugu

Dikenal sebagai ikan beracun dan mematikan, orang Jepang malah menikmati sajian dari ikan fugu. Sejak lama, orang Jepang menikmati sajian ini tanpa takut keracunan. Apa ya rahasia dibalik ketidaktakutan mereka pada ikan beracun yang satu ini? Ternyata, hanya chef profesional bersertifikat saja lho yang diizinkan untuk mengolah ikan fugu. Karena, di kulit dan liver ikan fugu banyak mengandung racun, maka hanya orang tertentu saja yang bisa mengolahnya.

  1. Shirako

shirako

Bagi kamu yang tidak jijik dengan bentuknya, sempatkan untuk mampir di pub-pub Jepang yang menjual shirako. Shirako merupakan sperma ikan yang disajikan tanpa diolah alias raw food! Hemm, doyan tidak ya?

  1. Basashi

basashi

Masih masuk akal rasanya jika makan irisan ikan mentah yang biasa disebut dengan sashimi. Tapi, jika daging mentahnya adalah daging kuda, masihkah kamu berani? Mungkin, hanya di Jepang ya, daging kuda dijadikan sashimi.

  1. Hachinoko

hachinoko

Tak berbeda jauh dengan di Indonesia, orang Jepang juga menikmati larva lebah. Larva yang kaya akan protein ini terasa gurih saat dikunyah. Yummy, makin lezat dengan segelas bir.

  1. Shirouo no Odorigui

shirouo

Dan terakhir adalah Shirouo no Odorigui, sajian khas musim semi berupa ikan shirouo yang disantap hidup-hidup! Saat dikunyah, ikan mungil dan transparan ini akan menari-nari di mulut. Bahkan, tak sedikit konsumen yang menelannya langsung tanpa dikunyah. Sasuga…Ikannya hidup di perut tidak ya? Baca artikel selengkapnya di Siapkan Sumpit dan Tangkap Sendiri Santapanmu!

Keenam sajian ini bisa dijadikan alternatif jika kalian bosan dengan sushi, sashimi, ramen, dan bento ala Jepang. Selamat mencoba keenam makanan ‘lezat’ ini ya^^

 

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>